Kamis, 27 Agustus 2009

Seputar produksi ASI

Pada minggu2 pertama setelah melahirkan, biasanya ASI masih meluber-luber coz pabrik ASI-nya masih lagi gencar2nya berproduksi. tapi setelah 2 minggu produksinya sudah disesuaikan dengan kebutuhan baby-nya. Untuk baby yang minumnya banyak biasanya ASI akan bertambah banyak, tapi klo minumnya tidak terlalu banyak maka produksi ASI akan sedikit berkurang mengikuti demand-nya.
Saat2 itu biasanya yang mumbuat para moms tidak nyaman, PD jadi bengkak dan sakit ketika Diisap.

Karena alasan ini jugalah biasanya bidan menyarankan untuk mulai memerah ASI buat stok setelah lebih dari 2 minggu.

Base on that dapat dapat dikatakan bahwa pada usia 0-6 bulan ASI memenuhi kebutuhan bayi hingga 100%, 6-12 bulan bulan 60-70% , 1-2 tahun 30%. Untuk ibu yang menyusui langsung tidak seberapa terasa dampaknya,but jika ASI diperah Hasilnya tidak sebanyak pada saat pemberian ASi ekslusive.

Jadi Moms tidak usah khawatir kalo produksi ASI berkurang, coz memang sudah seharusnya. Jadi mulai usia 6 bulan sebaiknya mulai mengkonsumsi makanan yang dapat memperbanyak ASI such as daun katuk, kacang hijau dll.

Besides that, ASI semakin berkurang bisa juga karena moms lagi capek, stress, or jarang menyusui langsung.

Buat pada moms yang masih dalam masa2 ASI eklusive sebainya pikiran dan hatinya dijaga biar tenang dan ga gampang stress so. . ASI tetep lancar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar