Senin, 08 Oktober 2012

CARA MEMANDIKAN BAYI YG BARU LAHIR

Bayi yang baru lahir sangat rentan dan mungil, untuk memandikan bayi moms mesti extra hati2 dan memperhatikan kebersihan peralatan mandi untuk sikecil.
Berikut cara memandikan bayi:
  1. Persiapkan dulu semua perlatan yang dibutuhkan seperti : air hangat suam2 kuku (mom bisa mengetes kadar panasnya  dengan menggunakan punggung tangan/siku)sabun, shampoo, washlap, handuk, kasa dan alcohol untuk dupsar bayi yang belum lepas, bedak dan minyak telon. Baju ganti buat selesai mandi,Serta perlak untuk alas mandi
  2. Letakkan bayi diatas perlak alas mandi, buka pakaiannya. Baiknya moms memgang salah satu tangan bayi ya selama proses dari membuka baju bayi sampai selesai.
  3. Pertama tama bersihkan daerah muka mulai dari mata hidung sampai telinga bayi dengan menggunakan washlap yang telah dibasahi atau dengan kapas.
  4. Usapkan sabun keseluruh badan bayi dengan menggunakan washlap. moms baiknya lebih memperhatikan daerah sekitar leher (tempat dimana biasanya air liur, sisa susu, dan kotoran bersemayam) lipatan2 badan dan  pantat, biasanya sering terdapat sisa kotoran BABnya ,
  5. Setelah semua sudah diberi sabun, bilas perlahan dengan memasukkan bayi ke dalam bak. Letakkan tangan mom seperti posisi merangkul bayi, dimana jari2 moms memgang ketiak bayi dan leher bayi disenderkan ke lengan moms.
  6. Setelah itu keringkan dengan menggunakan handuk, lebih praktis klo moms bisa, letakkan handuk didada moms, jadi begitu diangkat mom bisa langsung mendekapnya dan menyelimuti dengan handuk. Keringkan dengan seksama terutama daerah lipatan lipatan kulit.
  7. Untuk pusar yang belum puput, bersihkan dengan alcohol kemudian ganti kasanya setiap selesai mandi untuk menjaga kebersihannya dan mencegah infeksi
  8. Usapkan minyak telon keseluruh badan bayi, baiknya moms mengusapnya dengan sekalian dipijit2 lembut ya moms
  9. Beri bedak ke seluruh tubuh bayi, baiknyamom membasahi bedak dengan menggunakan air, untk mencegah butiran butiran bedak tidak masuk ke mulut, hidung atau lainnya.
Dengan mandi secara teratur dapat memberikan kenyamanan kepada bayi selain untuk menjaga kebersihannya.

artikel terkait :
1.yang-perlu-dipersiapkan-buat-si-kecil
2. bpa-dalam-botol-bayi
3. ketika-si-kecil-memar
4. teether-untuk-pertumbuhan-gigi-bayi
5. teether-untuk-pertumbuhan-gigi-bayi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar