Senin, 16 November 2009

Cara memeras ASI

For working moms untuk memberikan ASI Perasan (ASIP), ada beberapa hal yang harus diperhatikan.
I Things got to have
1. Alat untuk memeras ASI
There are 2 tipes (manual and electric)
Ada yang mengatakan bahwa untuk manual better than electric, coz cara kerjanya sama dengan isapan bayi. Tapi yang perlu diperhatikan untuk moms yang waktu merasnya terbatas it will be better jika pake electric (faster n easier; to me of course :D) Manual yang paling bagus katanya sih adalah merek Pigeon n Madela dengan harga jual berkisar diangka 300rban. Tapi masih ada merk lainnya kok yang harganya berkisar di angka 50 - 100rban
Jika memang mo beli yang manual sebaiknya beli yang hasil peresannya langsung tertampung botol.lebih sterill n pastikan bahwa dicorongnya dilapisi lagi dg plastik yang kedap udara. Ini untuk menghindari ASIP berceceran dimana2.

Untuk yang electric best brandnya adalah madela disini ada 2 macam yaitu yang single and double.
Untuk yang double katanya sih lebih bagus.coz biasanya jika satu PD diisep/disedot akan merangsang PD yang satunya untuk memproduksi asi. So dari Pada kebuang mending disedot sekalian.
Masalah harga : single around 600rban n yang double more than 1.000.000,-
But don't worry masih ada beberapa merk lainnya yang harganya lebih murah berkisar di angka 100-300 rban, such as dr Iq,pumpee, little giant etc. . .
Pertimbangan :
Jika pake elektrik tidak perli capek2 mompa, tinggal tancepin trus dia meres sendiri
dengan membeli pompa elektrik/manual merupakan invest kita, dari segi kesehatan it's uncountable coz ASI is the best. Dari segi rupiah, bandingkan aja rupiah yang harus dikeluarkan untuk beli susu formula, pasti lebih mahalan beli su-for dari pada beli pompa ASI
2. Botol untuk tempat ASI
Baiknya beli yang BPA Free ya moms.Sekedar info jika membeli elektrik baiknya pake botol kaca.cos bisanya botol yang BPA free ini bakalan penyok2 kena daya sedot pompanya. Tapi klo yang manual sih ga masalah.
3.Cooler Bag
Berguna untuk menyimpan ASIP selama perjalanan. Untuk cooler bag ini bisa diganti dengan termos es.Dari hasil pencarin termos es yang paling cute bentuknya adalah merk Maspion.
But jika males bawa termos es trus ga bisa nemu cooler bag. bisa pake tas yang dilapisi busa tebel klo bisa sih pake tas yang bahanya dari kain yang biasa buat terpal (bukan yang plastik tapi yang warna ijo, n mesti cari yang tebel). R jika ga bisa juga, cari aja yang dari kain biasa tapi dalamnya kasih wadah lagi yang kedap udara (such as tupper ware).
Kayaknya di carefour juga ada kok cooler bagnya.
Untuk memilih cooler bag, pastikan bahwa tasnya cukup buat muat semua peralatan untuk meres ASI.Biar ga repot bawanya.
4. Blue Ice
Berguna untuk medinginkan suhu, agar ASIP bisa lebih Awet sebelum disimpan di lemari es. Sebaiknya jangan beli yang berbentuk jel,coz hanya bertahan kurang dari 1 jam. Alternatif lain: bisa bikin blue ice sendiri dari botol air mineral, better pake botol pocari, isi air sampe penuh trus bekukan di freezer ,better more than 24 hours, lebih awet esnya.
5. Mangkok
Untuk tempat merendam segala peralatan pompa. Biasanya dikantor ga bisa ngrebus air, besides that lebih aman jika hanya direndam di air yang hangat2 kuku, untuk mencegah terlepasnya BPA.
Tidak perlu waktu lama untuk merendamnya cukup sekitar 5-10 menit aja.
6. Washlap
Buat ngompres PD sebelum dipompa
7. Foto si kecil
Ini nih yang bisa bikin semangat mompanya menyala2 ;D

II Things got 2 do
1. Cuci kedua tangan,pastikan bahwa kedua tangan qt bersih.sebelum memegang semua peralatan untuk memeras
2. Minumlah air putih hangat,bermanfaat untukmenstimulus PD agar produksi asi banyak.
3.Peralatan memeras got to be cleaned, jika membersihkannya di kantor pastikan bahwa semua peralatan sudah direndam dengan air hangat qr2 10 menitan
4. Sebelum memeras asi kompres dulu PD dengan air hangat sambil diurut perlahan dari pangkal PD ke arah puting, biasanya sih aq pake air yang bekas merendam peralatan pompa (lebih hemat jadinya. . )
5. Sebelum memompa pijit2 dulu dengan tangan sampai keluar ASI-nya. Biasanya sih ga bisa langsung keluar. Tapi ga pa2 pijit aja terus,jika ASI sudah keluar barulah qt memompanya.
Menurut teorinya sih sebaiknya masing2 PD diperas dulu sampai qr2 1/4 jam baru setelah itu pindah ke PD satunya. (Klo aq sih ga batasin berapa menitnya, terkadang klo lagi meres yang kanan PD yang kiri ASInya Menetes,jadi pompanya dipindahin dulu ke PD kanan baru nerusin lagi ke yang kiri)
Tapi ada baiknya yang diperes pertama adalah PD yang terakhir diisap sebelumnya. Jadi jika pada pemerasan pertama yang terakhir diperes PD kiri, maka pemerasan berikutnya PD kiri dulu yang diperes.
5. Buat suasana sekeliling senyaman mungkin. Dengan mendengarkan musik kesayangan,melihat foto si kecil r relaksasi dulu. Susana sekeliling mempengaruhi produksi asi, jika kita relax maka hasil perasan juga akan banyak. jangan terlalu maksa bahasa kerennya ngoyo...(pengalaman klo kita makin ngoyo, ASI yang keluar juga malah tambah dikit :D)
Buat moms yang harus meresnya di toilet kantor, jangan bayangin kita lagi di toilet tapi bayangin aja kita lagi di tempat yang paling kita suka, klo hobby ke pantai ya. . . bayangin aja kita lagi ada di pantai :D (asal tidak ada bau yang menggangu aja ya. . . .)

Just info aja, kebutuhan ASI untuk bayi yang belum menerima makanan pendamping ASI (MPASI) adalah 80-100ml/KG. Jadi jika berat bayi 3 kg maka asi yg dibutuhkan adalah 80ml x 3 = 240 ml. Ini kebutuhan minimum ya. . .

So Moms bisa ngitung sendiri kan stok yang diperlukan untuk si kecil perharinya.


Artikel yang terkait:
1. BPA pada botol bayi
2. Things on baby feeding
3. Cara menyimpan ASI
4. Seputar Produksi ASI

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar